Jaksa Tuntut Setya Novanto 16 Tahun Penjara

by -714 views

BERITAUNIK24 – Mantan Ketua DPR- RI  yang juga sekaligus terdakwa kasus korupsi KTP elektronik (E-KTP) dituntut 16 tahun penjara oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ia juga didenda dengan tambahan dengan Rp 1 Miliar subsider 6 bulan kurungan “Kami menuntut agar majelis hakim menyatakan Setya Novanto terbukti sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi secara bersama – sama.” kata jaksa Abdul Basir ketika membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta,Kamis (29/3/2018).

BACA JUGA : Status JC Setya Novanto Ditolak

Dari pertimbangan jaksa, mereka menilai perbuatan terdakwa meliputi banyak hal, dari tidak mendukung program pemberantasan korupsi, tidak koorperatif selama penyidikan, dan secara langsung atau tidak langsung mengintervensi proses penganggaran dan pengadaan barang dalam proyek E-KTP tahun 2011 – 2013.

Novanto dan seorang pnegusaha Andi Narogong bersama – sama mengatur proses penganggaran di DPR. Selain itu mereke juga menintervensi proses pengadaan barang dan jasa dalam proyek E-KTP ini.

Novanto dianggap telah melanggar Pasal 3 UU NO. 31 Tahun 1999 sebagaiman diubah UU NO.21 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

agen qq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *