Status JC Setya Novanto Ditolak

by -844 views
Tersangka kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto (tengah) meninggalkan gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (21/11). Ketua DPR tersebut menjalani pemeriksaan perdana selama lima jam usai ditahan oleh KPK terkait dugaan korupsi proek KTP elektronik. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww/17.

BERITAUNIK24 – Permohonan Setya Novanto untuk menjadi JC (justice collaborator) ditolak oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut jaksa, Setya Novanto tidak memenuhi persyaratan sebagai pelaku yang berkerjasama dengan penegak hukum.

“Terdakwa belum memenuhi kualifikasi sebagai Jusctice collaborator. Untuk itu, jaksa belum dapat memenuhi permohonan terdakwa,” ujar jaksa Abdul Basir saat membacakan surat tuntuan di pengadilan Tipikor Jakarta, kamis (29/3/2018).

BACA JUGA : Jaksa Tuntut Setya Novanto 16 Tahun Penjara

Menurut jaksa, dari ketentuan perundangan, pemohon justice collaborator harus seorang pelaku tindak pidana yang mengakui keterlibatan dan memberikan keterangan yang jelas dalm mengungkap pelaku besar lainnya.

Namun keterangan yang telah disampaikan terdakwa akan dipakai sebagai pertimbangan yang mendalam, sehingga memberikan tuntutan yang adil bagi terdakwa.

Setya Novanto sebelumnya mengajukan diri sebagai justice collaborator pada 10 Januari 2018 lalu. Terdakwa kasus korupsi proyek E-KTP ini dituntut 16 tahun penjara, denda 1 Milliar subsider 6 bulan kurungan.

agen qq

One thought on “Status JC Setya Novanto Ditolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *