Tak Tahu Malu ! Bos First Travel Anggap Tuntutan Jaksa Ketinggian.

by

BERITAUNIK24 – Pihak jaksa akhirnya memberikan tuntutan kepada Bos First Travel Andika Surachman  20 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 10 miliar. Tuntutan ini adalah perkara penipuan jemaah umrah yang mempercayakan keberangkatannya kepada First Travel.

Namun Andika Surachman dengan beraninya menjawab ia tak menerima tuntutan itu karena menurutnya bahwa tuntutan pihak jaksa terlalu tinggi dan tidak sesuai. “Tuntutan ketinggian,” kata Andika setelah sidang di Pengadilan Negeri Depok, Senin (7/5/2018).

Andika brpendapat bahwa ada beberapa tuntutan yang tak sesuai dengan fakta dan kenyataan. Akan tetapi ia tidak menjelaskan apa saja yang menyimpang. “Ada fakta yang nggak sesuai. Entar kita siapkan pembelaan, ” ujar Andika.

Selain Andika, istrinya Anniesa Hasibuan juga dituntut 20 tahun penjara karena telah menipu dan melarikan uang puluhan ribu jemaah yang ingin umrah menggunakan jasa First Travel. Sedangkan adik Anniesa, Kiki Hasibuan dituntut 18 tahun penjara dan denda sebesar Rp.5 miliar.

Andika berserta istrinya dijerat Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP Junto Pasal 55 KUHP, Pasal 3 dan Pasal 5 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Keduanya melakukan tindakan tersebut dengan membelanjakan, dan mengubah bentuk, serta membawa keluar negeri yang semuanya berasal dari aliran dana calon jemaah. Sedangkan Kiki Hasibuan terlibat pembuatan promosi biaya umrah murah yang hanya sebesar Rp.14.3 juta. Akibatnya, banyak calon jemaah yang tertarik dengan harga murah yang tidak wajar yang ditawarkan First Travel.

Ketiganya juga harus menyerahkan aset yang mereka miliki sekarang untuk membayar kerugian jemaah yang mereka tipu. “Total aset uang yang dimiliki First Travel Rp 8 miliar 800 juta, ditambah aset barang bergerak, tanah, rumah dan apartemen semuanya sekitar Rp. 20-40 miliar. Yang jelas ini tidak akan menutupi seluruh kerugian dari 60000 jemaah. Aset – aset ini semua akan diserahkan ke pengurus korban penipuan, bisa dibagi rata atau digunakan untuk keperluan lain.” Ujar Jaksa Heri Jerman di persidangan.

Sementara itu Pistol air soft gun sebanyak 8-9 pucuk disita oleh negara karena merupakan barang yang berbahaya ungkapnya.

agen domino

agen poker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *