Keren – Keren, Ini 5 Pasukan Anti Teror Dari Indonesia

by -477 views

BERITA UNIK 24 – 2 hari terakhir ini Indonesia diguncang oleh serangan teror bom di Kota Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. Dan yang ditugaskan untuk menangani Terorisme secara khusus tak lain adalah Detasemen Khusus Antiteror 88 Polri atau yang lebih dikenal dengan nama Densus 88.

Selain Densus 88, Indonesia sejatinya memiliki sejumlah pasukan khusus  antiteror yang bukan berasal dari Polri, yaitu dari TNI. Apa saja sih Pasukan khusus ini ? yuk kita simak bersama.

1. Detasemen Khusus 88

Densus 88

Densus 88 pertAma kali dibentuk oleh Gories Mere. Dan pada 26 Agustus 2004 diresmikan oleh Kapolda Metro Jata kala itu, Jenderal Polisi Firman Gani. Angka 88 yang di pakai di belakang berasal dari kata ATA (Anti Terorrism Act) yang jika dilafalkan berbuntmi ei ti ekt yang sekilas mirip eighty eight

2. Detasemen Khusus 81 Kopassus (TNI – AD)

Sat 81

Pasukan khusus yang satu ini dikenal dengan nama Sat – 81 sebelumnya bernama Den-81 Gultor (Penanggulangan Teror). Pasukan ini dibentuk pada 30 Juni 1982. Asal muasal dibentuknya Sat – 81 berawal saat terjadinya pembajakan pesawat Garuda DC-9C Woyla yang terpaksa mendarat di Bandara Don Mueang, Bangkok Thailand pada 31 Maret 1981.

Kala itu yang dikirim ke Thailand adalah Kopassandha yang sekarang bernama Kopassus. Setelah operasi pembebasan yang menggemparkan dunia, kemudian dibentuklah Pasukan khusus ini untuk mencegah aksi teror lainnya. Visi misi satuan ini pun luar biasa “Tidak diketahui, tidak terdengar dan tidak terlihat,” persis seperti cara mereka beraksi.

3. Detasemen Jalamangkara (TNI – AL)

Denjaka

Pasukan elite TNI AL yang dibentuk pada 13 November 1984 ini dikenal dengan nama Denjaka ini adalah satuan khusus penanggulangan teror di teritorial mereka yang tak lain adalah Laut. Pasukan Denjaka di pilih dari pasukan Kopaska (Komando Pasukan Katak) dan Yontaifib (Batalyon intai Amfibi).

Adanya elemen Intai dipasukan ini, kekuatan intelijennya tak bisa diremehkan. Pasukan ini terlatih dalam medan perang berupa kapal – kapal Instalasi di pantai dan pantai. Pasukan ini di beri nama panggilan hantu laut dikarenakan keterampilan mereka medekati sesaran melalui laut, vertikal dan udara.

4. Satuan Bravo 90 (TNI AU)

Satbravo 90

Satbravo – 90 yang dibentuk tahun 1990 dulunya dikenal dengan nama Detasemen Bravo 90 adalah satuan khusus yang melaksanakan operasi khusus Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) dibawah kedudukan Komandan Korpaskhas.

Terlahir dari Angkatan Udara, Satbrvo-90 sendiri bertugas dalam operasi penindakan teror di udara dan menghancurkan persenjataan musuh.

5. Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab)(TNI)

Nah, kalau pasukan khusus yang satu ini adalah pasukan elite gabungan TNI yang terdiri dari Sat 81, Denjaka dan Satbravo 90. Kemampuan pasukan ini sudah tak perlu diragukan lagi. Dikarenakan sangat elite, pasukan ini hanya berisi 90 orang yang terdiri dari pasukan pasukan elite tebaik.

Pasukan ini sebelumnya dibentuk oleh saat Jendelar Moeldoko yang masih mejabat sebagai Panglima TNI kala itu. Pasukan ini terbentuk 9 Juni 2015. Namun pasukan ini telah ditiadakan.

Namun karena maraknya aksi tindakan terorisme akhir akhir ini, Moeldoko menyarankan Presiden Joko Widodo untuk membentuk kembali pasukan ini kembali dan nampaknya Jokowi tertarik untuk menghidupkan kembali pasukan ini.

agen domino

agen poker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *