Pemerintah Pusat Ambil Alih Pembenahan Kali Item

by -349 views

Berita Terkini – Akhirnya pemerintah pusat turun tangan untuk membersihkan Kali Item dalam menyambut persiapan Asian Games 2018. Turun tangannya pemerintah pusat lantaran Pemda DKI dianggap lamban dalam mengatasi permasalahan Kali Item.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun akan dikerahkan untuk membersihkan kali yang berada di kawasan Sentiong, Jakarta Pusat itu. Staf khusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali menjamin jika hal tersebut tidak melompati kewenangan Pemprov DKI Jakarta.

“Kali Item di bawah Pemprov DKI, tapi kemudian kami ambil alih karena tidak ada kemajuan. Pengambilalihan itu tentu saja ada dasar hukumnya karena Jakarta ini kan Ibukota sehingga memiliki kekhususan dalam penanganannya,” terangnya seperti dikutip dari Metrotvnews.com pada Jumat (27/7/2018).

Selain itu menurutnya, Gubernur DKI Jakarta juga tidak boleh marah ketika kewenangannya diambil alih oleh pusat. Sebab kata Firdaus, solusi yang diambil Pemda DKI Jakarta untuk membersihkan Kali Item dinilai tidak wajar untuk mengatasi permasalahan tata kelola air.

“Saya pikir ajaib sekali ya. Sudah berbagai negara di lima benua saya kunjungi untuk belajar tata air dan lingkungan baru kali ini saya temui seperti itu,” cetusnya.

Ia juga tidak mempermasalahkan jika nantinya Pemda DKI justru mengklaim kebersihan Kali Item setelah PUPR mengambil alih untuk membersihkannya.

“Saya rasa dia tidak punya hak marah karena kewenangannya kami ambil. Justru harusnya berterima kasih. Silahkan saja kalau dia mau klaim ‘oh hanya di zaman saya lho Kali Item bersih’. Silakan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan jika Pemda DKI akhirnya memutuskan untuk memberikan waring sebagai penutup Kali Item. Pemasangan Waring berwarna hitam itu lantaran dianggap bisa menangkal polusi bau tak sedap dari Kali Item. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdalih pemasangan waring solusi sementara untuk persiapan Asian Games 2018.

agen domino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *