Sinyal CVR Hilang KNKT Atur Strategi Untuk Menemukannya

by

Berita Terkini – Sinyal dari cockpit voice recorder (CVR) black box Lion Air PK-LQP menghilang. Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pun mengatur strategi.

“Kita juga sedang berdiskusi dengan pabrik pembuat CVR-nya. Jadi kenapa kemarin berbunyi kok sekarang hilang. Kemungkinan-kemungkinan apa saja, apakah kalau masuk ke lumpur yang dalam itu sinyalnya juga hilang. Kita sedang diskusikan dengan pabrik pembuatnya,” ucap Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Baca juga : Video : Kepala Basarnas Menetaskan Air Mata Ketika Menanggapi Keluhan Keluarga Korban Lion Air JT-610

Saat ini Kapal Baruna Jaya tengah mengisi bahan bakar serta keperluan lainnya yang diperlukan dalam pencarian. Soerjanto juga menyebut ada tim dari Australia pula yang membantu.

“Jadi tim di sini, meeting untuk bikin strategi, bagaimana pencarian, dengan metode apa, itu juga kita diskusikan dengan tim dari Amerika, tim dari Singapura, tim dari Australia untuk masukan-masukan. Karena Australia saat ini yang terdepan untuk underwater survey. Mereka punya pengalaman mencari MH 370. Jadi pengalaman mereka luar biasa, kita sedang berdiskusi, dan orang yang ikut terlibat dalam pencarian MH 370 juga ada di sini, membantu kita untuk menemukan CVR tadi,” ucapnya.

Baca juga : Kesimpulan Sementara KNKT Tentang Jatuhnya Lion Air JT-610

Selain itu, tim KNKT sudah mendapatkan peta terkait pipa-pipa Pertamina di lokasi pencarian. Hal itu perlu diketahui agar saat kapal melepas jangkar tidak merusak pipa-pipa itu.

“Memang masih agak jauh, tapi kita tetap hati-hati karena kalau kapalnya keseret arus, terus masuk ke area pipa, itu kan berbahaya. Makanya kita juga monitor terus posisi kapal,” kata Soerjanto

agen domino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *