Sah Milik RI, 51% Saham Freeport Lunas

by -382 views

Berita Unik 24 – PT Inalum (Persero) resmi membeli sebagian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Dengan demikian, kepemilikan saham Indonesia atas PTFI meningkat dari 9% menjadi 51%.

Pengambilalihan saham tersebut diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Hadir dalam pengumuman ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson.

Baca juga : Per Agustus, Pemkab Mimika Sudah Terima Rp.536 Miliar Dari Royalti Freeport

“Saya baru saja menerima laporan dari seluruh menteri terkait, dari Dirut Inalum dan dari CEO dan dirut PT Freeport McMoRan, disampaikan bahwa saham PT Freeport sudah 51,2% sudah beralih ke PT Inalum dan sudah lunas dibayar,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kesempatan tersebut.

Sebelumnya, Jokowi memastikan proses transaksi divestasi saham PT Freepor Indonesia (PTFI) berjalan lancar. Dia yakin proses transaksi bisa selesai tahun ini.

Baca juga : SPA Diteken, Inalum Sah Akuisisi 51% Saham Freeport

“Dalam proses. (Tahun ini) rampung. Ya kan sudah yang jelas sudah HoA sudah Sale and Purchase Agreement juga sudah, ya nanti tinggal bayarnya saja,” ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Jokowi juga menegaskan bahwa dana untuk mengambil alih saham PTFI. Uang itu kini sudah ada di Inalum.

“Tanyakan ke Menteri, duitnya sudah ada,” tegasnya.

agen domino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *