Partai Demokrat Beberkan 3 Poin Silahturami AHY dan Ibas Ke Beberapa Tokoh

by -12 views
Partai Demokrat Beberkan 3 Poin Silahturami AHY dan Ibas Ke Beberapa Tokoh
Partai Demokrat Beberkan 3 Poin Silahturami AHY dan Ibas Ke Beberapa Tokoh

Berita Unik 24 – Putra Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersilaturahmi ke rumah sejumlah tokoh saat Lebaran. Menurut Demokrat, ada 3 poin muatan dalam kunjungan AHY-Ibas ke rumah para tokoh ini.

“Begini, yang pertama kunjungan ini ada tiga poinnya. Tiga poin itu muatan dalam kunjungan ini. Yang pertama adalah muatan sosial, kedua muatan religi, dan ketiga muatan politik,” kata Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat (PD), Ferdinand Hutahaean, Kamis (6/6/2019) malam.

Ferdinand menyebut muatan sosial kedatangan AHY-Ibas sebagai bentuk terima kasih kepada para tokoh yang telah hadir dan mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono. Menurutnya, para tokoh yang didatangi AHY dan Ibas tersebut pernah menjenguk Ani saat masih dirawat di Singapura, maupun hadir saat pemakaman.

“Dalam rangka sosial menyampaikan terima kasih kepada Pak Jokowi, Bu Mega (Megawati Soekarnoputri), Pak Habibie, dan Bu Sinta Nuriyah Wahid (Istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur) ya. Karena tokoh-tokoh ini sangat perhatian kepada Bu Ani mulai dari Bu Ani dirawat sampai pemulangan jenazah,” ucapnya.

Muatan kedua, kata Ferdinand, kunjungan ini terkait perayaan Idul Fitri. Dia menyebut muatan religi ini paling besar dalam setiap kunjungan AHY-Ibas saat lebaran.

Dia menyebut kunjungan AHY dan Ibas itu juga tak bisa dilepaskan dari muatan politik. Namun, Ferdinand menyatakan Demokrat belum menentukan sikap terkait koalisi usai Pemilu 2019.

“Muatan politik memang tidak bisa dilepaskan kunjungan ini dari suasana politik ya. Meskipun arah koalisi Partai Demokrat belum diputuskan oleh Partai Demokrat apakah akan berkoalisi dengan Jokowi atau tidak karena Pak Jokowi belum pernah menawarkan secara resmi kepada Partai Demokrat untuk bergabung ke dalam koalisinya nanti,” jelasnya.

Selain itu, Ferdinand juga menyinggung silaturahmi ke berbagai tokoh tersebut dengan AHY yang dipersiapkan Demokrat untuk tampil di ajang politik. Antara lain adalah Pemilu 2024 di mana AHY digadang-gadang ikut dalam dalam Pilpres.

“Terkait pengambilalihan kursi pimpinan di Partai Demokrat kita tahu 2020 adalah tahun kongres bagi Partai Demokrat ya. Kita belum tahu, internal juga belum ada pembicaraan apakah Pak SBY akan meneruskan kepemimpinan Partai Demokrat, atau diteruskan kepada AHY. Jadi saya belum bisa menyampaikan apakah ini persiapan AHY mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat,” jelasnya.

“Namun demikian, AHY memang adalah tokoh yang kami persiapkan untuk kemudian bisa memimpin Demokrat ke depan dan dipersiapkan menjadi figur atau sosok yang kita usung dalam kontestasi-kontestasi politik ke depan terutama 2024 adalah even yang kita tunggu bagi AHY ya, yaitu Pilpres,” sambungnya.

Pada hari pertama Lebaran, Rabu (5/6), setelah berziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, AHY-Ibas bersilaturahmi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka juga bertandang ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, serta ke kediaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Momen kunjungan AHY-Ibas ke kediaman Mega sempat ramai dibahas. Dalam pertemuan itu, putri Mega yang juga Menko PMK, Puan Maharani, sempat mengajak AHY-Ibas dan untuk berfoto bersama.

Pada hari kedua Lebaran, AHY serta Ibas melanjutkan silaturahmi mereka. Kali ini ke berkunjung ke kediaman keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Momen tersebut diunggah putri kedua Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, lewat akun Instagram-nya seperti dilihat detikcom, Kamis (6/6/2019). Yenny juga memuji kedatangan AHY-Ibas beserta keluarganya ke kediaman mereka.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Arie Sujito menilai kedatangan AHY-Ibas ke Jokowi dan Megawati memutus sejarah ketegangan politik antara Megawati dan ayah mereka, SBY. AHY sendiri saat ini merupakan Komandan Kogasma Demokrat dan Ibas adalah anggota DPR dari Demokrat.

“AHY ingin memutus dendam atau ketegangan politik sejarah SBY dengan Mega,” ujar pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Arie Sujito saat dihubungi, Kamis (6/6).

Sumber : detik.Com

Berita unik | Berita terkini | Berita terpercaya | Berita Online | Berita terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *