Bus Zhongtong yang Buat Ahok Kapok Kembali Mengaspal di Jakarta

by -8 views
Bus Zhongtong yang Buat Ahok Kapok Kembali Mengaspal di Jakarta
Bus Zhongtong yang Buat Ahok Kapok Kembali Mengaspal di Jakarta

Berita Unik 24 – Masih ingat pada bus merek Zhongtong? Bus pabrikan China yang pernah bikin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kapok tersebut kembali mengaspal di Jakarta sebagai bagian dari TransJakarta.

Pantauan detikcom di Halte Harmoni Sentral, Senin (14/10/2019), salah satu bus merek Zhongtong tampak melintas. Bus gandeng tersebut melayani koridor 1 TransJakarta Blok M-Kota.

Tak seperti pendahulunya yang didominasi oranye dan merah, bus Zhongtong kali ini didominasi biru dan putih. Logo Zhongtong terlihat di ‘hidung’ bus.

Saat dimintai konfirmasi, PT TransJakarta membenarkan bus Zhongtong sudah beroperasi lagi. Operatornya adalah Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD).

“Ini ceritanya adalah pelaksanaan kontrak yang tidak dapat dipenuhi PPD pada waktu itu, sehingga terbit penalti dan baru bisa dipenuhi sesuai kontraknya pun ini baru sebagian,” ucap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo saat dimintai konfirmasi.

Bus-bus tersebut bukan didatangkan pada tahun ini. Pengadaan bus ini adalah pelaksanaan kontrak 2013 yang kemudian tiba di Jakarta pada 2016.

Menilik ke belakang, bagaimana lika-liku bus Zhongtong?

Bus Zhongtong hadir bukan tanpa polemik. Bus merek tersebut pernah terbakar pada 8 Maret 2015 di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Akibatnya, PT Transjakarta menarik 30 armada Zhongtong di koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit).

Pada Agustus 2015, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), saat menjabat Gubernur DKI, pernah mengaku kapok membeli bus dari merek yang tak jelas. Salah satunya merek Zhongtong.

“Kita nggak mau lagi yang nggak jelas. Misal kamu punya uang, mau beli motor, mau beli merek Ahok apa merek Yamaha? Ya Yamaha dong,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

“Lo gila belum pernah denger motor merek Ahok tiba-tiba mau kamu beli. Harganya beda sedikit pula. Nah TransJakarta itu berani tuh beli itu. Nggak jelas. Saya baru denger nama Zhongtong dulu kan, Wei Chai gitu lho. Kenapa nggak beli Mercedes-Benz gitu lho,” bebernya.

Kemudian pada Desember 2017, ada 23 bus Zhongtong yang terparkir di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dirut TransJakarta saat itu, Budi Kaliwono, menjelaskan bus-bus itu milik PPD.

“Dari foto-foto bus yang ada logo TransJakarta itu ketahuan ternyata busnya PPD. Jadi PPD itu tahun 2013 menang tender lelang untuk menjadi operator, tapi belum mereka penuhi. Harusnya mereka penuhi tahun 2014 lalu. Soal kedatangan barangnya, ya itu barangnya sekarang yang di Tanjung Priok,” kata Budi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2016).

Sumber : Detik.com

Berita unik | Berita terkini | Berita terpercaya | Berita Online | Berita terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *